Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Hamizan Alkeino
No Absen : 12
Kelas : X MIPA 1
Halo semua, postingan kali ini akan berisi dokumentasi dan latihan soal tentang materi Bab 1 kelas X dalam mapel TIK. Namun sebelum itu, izinkan saya untuk memperkenalkan guru TIK saya.
Beliau bernama Hj. Deswati, S. Kom, M. Pd., seorang guru SMA Negeri 1 Kota Bekasi Jawa Barat yang mengajar Mata Pelajaran TIK/Informatika. Beliau lahir di Kota Metro Lampung Tengah pada tanggal 07 Desember 1969. Memulai sekolah di SDN Pakuan Adji tamat tahun 1981, beliau kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Sukadana. Tamat tahun 1984, beliau melanjutkan SMA Swadaya Duren Sawit Jakarta Timur tamat tahun 1987. Setelah itu beliau melanjutkan kuliah di Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) Yogyakarta jurusan Ilmu Komputer Tamat tahun 1993. Kemudian beliau melanjutkan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk menyelesaikan gelar Magister Manajemen Pendidikan pada tahun 2009.
Sekian perkenalan guru saya, kita lanjut ke materinya:
A. Integrasi Antar Aplikasi Office
1. Objek Aplikasi Office
Object Linking and Embedding (disingkat menjadi OLE) yang diunggulkan microsoft office adalah sebuah teknologi berorientasi objek yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM) yang menyediakan layanan kepada aplikasi untuk menciptakan dokumen-dokumen terdiri dari banyak objek yang terdapat pada microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint dan dokumen lainnya pada microsoft office. Objek tersebut di antaranya adalah:
1.1. Table,
1.2. Picture,
1.3. SmartArt,
1.4. Chart,
1.5. Sound,
1.6. Hiperlink,
1.7. Bookmark,
1.8. Cross-referrence
Dengan demikian setiap objek tersebut penggunaannya dapat diintegrasikan untuk membuat dokumen sesuai dengan kebutuhan.
2. Manfaat
OLE memungkinkan aplikasi pengeditan untuk mengekspor sebagian dokumen ke aplikasi pengeditan lain dan kemudian mengimpornya dengan konten tambahan. Misalnya, sistem penerbitan desktop mungkin mengirim beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama OLE adalah menambahkan berbagai jenis data ke dokumen dari berbagai aplikasi, seperti editor teks dan editor gambar. Ini membuat dokumen Format File Biner Compound dan file master yang menjadi referensi dokumen. Perubahan pada data dalam file master segera mempengaruhi dokumen yang mereferensikannya. Ini disebut Linking atau "menautkan" (bukan "menyematkan").
3. Teknik Penggunaan
Teknik penggunaan intergrasi antar aplikasi ini dapat diimplementasikan oleh objek (objek OLE, wadah OLE, dan objek lainnya) yang ingin mendukung perintah standar tertentu. Perintah yang mungkin ingin diterapkan oleh objek dapat mencakup hal-hal seperti "delete", "cut", "copy", "paste", "undo", "find", "print", "save", "zoom", dan begitu seterusnya. Saat ini 58 perintah standar telah ditetapkan, dan termasuk perintah yang biasa digunakan oleh perangkat lunak perkantoran, browser web, dan aplikasi serupa.
Contoh:
Pada dokumen Microsoft Word kita bisa menambahkan Objek dengan menggunakan OLE:
Pilih Insert à Object ... untuk menyisipkan Embedded object
Tahapan selanjutnya setelah insert object maka pilih file namenya klik browse jika akan mengambil dari dokumen atau folder yang lain
Pada langkah selanjutnya jika sudah menemukan tempat file yang akan kita gunakan maka pilih file pada gambar dibawah ini kita pilih file Access Point kemudian klik insert.
Maka akan tampak nama file dan folder yang kita pilih pada file name, jika sudah terisi nama file sesuai dengan yang kita pilih maka klik ok.
Nah berikut object yang kita pilih pada penggunaan OLE
Double Click to activate content OLE Package
Sekian materinya, mari kita lanjut ke Latihan Soal:
1. Sebutkan jenis jenis chart pada Microsoft Office Word !
- Diagram kolom
- Grafik garis
- Diagram lingkaran
- Diagram batang
- Grafik area
- Grafik sebaran
- Grafik stok
- Radar grafik
2. Jelaskan langkah langkah pembuatan :
a. Table:
Membuat tabel dari bilah alat tables dan borders :
- Letakkan kursor di tempat anda ingin meletakkan tabel.
- Klik ikon insert table pada bilah alat tables dan borders di bagian atas jendela.
- Seret sudut table hingga anda mendapatkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.
- Klik mouse untuk memasukkan tabel
Membuat dari kotak dialog Insert Table:
- Klik tabel dari bilah menu. Pilih Insert, lalu Table.
- Kotak dialog akan terbuka.
- Masukkan jumlah baris kolom yang diinginkan.
- Pilih Autovit Behavior, otomatis jika anda ingin sel tabel diperluas secara otomatis agar pas dengan teks didalamnya.
- Klik OK untuk menyisipkan tabel anda.
Membuat tabel dengan menggambar tabel:
- Pilih tabel dari bilah menu.
- Pilih draw tabel.
- Seret pensil secara diagonal melintasi halaman.
- Gambar garis secara vertikal dan horizontal untuk membuat kolom dan garis yang dibutuhkan.
b. Picture:
- Buka lembar kerja microsoft word anda.
- Selanjutnya klik Insert pada menu bar Microsoft Word.
- Pada kolom atau group illustrations terdapat pilihan picture, clip art, shapes, smart art dan chart. Pilih picture untuk memasukkan gambar.
- Selanjutnya anda akan dibawa pada dokumen atau folder dimana tempat anda menyimpan gambar yang akan di masukkan
- Cari folder dimana gambar anda berada, kemudian klik pada gambar untuk menyeleksi.
- Selanjutnya klik insert pada menu bagian bawah.
- Gambar sudah selesai dimasukkan.
c. SmartArt:
- Klik tab insert.
- Pada group illustration klik icon smart art.
- Tampil kotak dialog SamartArt Graphic.
- Pilih salah satu bentuk yg diinginkan.
- Klik tombol ok.
d. Hyperlink:
- Pilih sel atau objek yang ingin Anda jadikan hyperlink.
- Klik tab Sisipkan, lalu klik Hyperlink.
- Klik tab Halaman Web atau File, lalu masukkan alamat dalam kotak Alamat. Anda juga bisa mengklik Pilih dan telusuri ke alamat yang diinginkan.
- Klik OK.
e. Bookmark:
- Pilih atau seleksi kata yang ingin di bookmark, anda bisa memblok satu atau lebih kata yang anda inginkan.
- Klik menu insert --> pada kolom atau group links --> pilih bookmark, maka jendela bookmark akan terbuka.
- Beri nama "bookmark name" dengan kata kunci yang mudah anda ingat. Pemberian nama pada bookmark name tidak boleh mengandung unsur spasi.
3. Tuliskan dan jelaskan maksud dari current record pada marge records !
Current record berfungsi untuk mencetak atau print lembar dokumen secara bersamaan pada halaman yang aktif dengan menggunakan email marge.
4. Sebutkan jenis-jenis SmartArt pada Hierarchy pada Microsoft Office Word 2019 !
- Organization Chart
- Name and Title Organization Chart
- Half Circle Organization Chart
- Circle Picture Hierarchy
- Hierarchy
- Labeled Hierarchy
- Table Hierarchy
- Horizontal Organization Chart
- Horizontal Multi-Level Hierarchy
- Horizontal Hierarchy
- Horizontal Labeled Hierarchy
- Hierarchy List
- Lined List
5. Sebutkan langkah memberi keterangan pada sumbu horizontal !
- Klik Grafik yang ingin diberi keterangan horizontal.
- Klik Tab Menu Layout.
- Klik Axis Tittles yang berada di Grup/Submenu Labels.
- Klik Primary Horizontal Axis Tittles.
Komentar
Posting Komentar